5 Pemain Asia yang Bersinar di Liga Inggris : Okezone Bola

0
32
turnamen baccarat
judikartu


LIGA Inggris dianggap oleh sebagian besar orang sebagai turnamen sepakbola paling bergengsi di dunia. Sebab, kompetisi ini diisi oleh tim-tim top di Eropa sehingga pertandingan yang menarik pun kerap kali tersaji.

Dengan kondisi tersebut, ajang Liga Inggris pun bertabur dengan pesepakbola bintang. Pesepakbola top yang berlaga di Liga Inggris pun tak jarang berasal dari negara-negara di Asia. Mereka berhasil bersaing dengan pesepakbola dari Eropa, Amerika, serta Afrika yang kualitasnya telah teruji.

Kali ini, Okezone pun akan membahas pesepakbola-pesepakbola Asia yang berhasil menorehkan karier gemilang di Liga Inggris. Sebagaimana dikutip dari Sportskeeda, Senin (23/12/2019), berikut lima pemain Asia yang bersinar di Liga Inggris.

5. Shinji Kagawa

Di urutan kelima, ada nama Shinji Kagawa. Pesepakbola asal Jepang ini pernah merasakan panasnya bersaing di Liga Inggris dengan bergabung ke Manchester United pada bursa transfer musim panas 2012. Ia berlabuh ke Man United setelah dilepas oleh Borussia Dortmund dengan mahar senilai 17 juta poundsterling.

Kagawa merupakan seorang playmaker yang terampil. Ia menjalani debutnya di Liga Inggris pada Agustus 2012 dan mencetak gol pertamanya untuk Man United dalam pertandingan kandang pertamanya. Sayangnya, penampilan apik Kagaw harus terhenti sejenak karena sang pemain absen di pertengahan musim akibat cedera lutut.

Kagawa pun menyelesaikan musim perdananya bersama Man United dengan mencetak enam gol di 20 pertandingan Liga Inggris 2012-2013. Tiga dari total enam gol itu sendiri dicetak Kagawa di laga kontra Norwich City. Catatan apik ini membuat Kagawa menjadi pemain pertama Asia yang menyelesaikan prestasi apik tersebut di Liga Inggris. Ia juga menjadi pemain pertama Jepang yang meraih gelar juara di Liga Inggris.

Sayangnya, musim Kagawa di Man United tak bisa berjalan terus dengan lancar. Perannya mulai tersisih sejak Sir Alex Ferguson pensiun. Di bawah asuhan David Moyes, Kagawa hanya tampil di 14 laga dengan mencatatkan tiga assist. Pada akhir musim 2013-2014, Man United pun mengembalikan Kagawa ke Dortmund.

4. Sun Jihai

Selanjutnya, ada nama Sun Jihai. Ia menjadi salah satu pesepakbola asal Cina yang paling terkenal sepanjang masa. Sun Jihai bermain total sembilan musim di Inggris, dengan enam musim di antaranya dijalani bersama Manchester City di Liga Inggris.

Sun Jihai

Kontribusi besar mampu diberikan Sun selama membela The Citizen –julukan Man City. Sayangnya, perjalanan kariernya dengan Man City harus berakhir pada 2008. Ia meninggalkan Etihad Stadium setelah tampil di 130 pertandingan bersama Man City.

Usai meninggalkan Man City, Sun memutuskan pindah ke Sheffield United. Sayangnya, ia gagal bersinar di sana sehingga memutuskan kembali merumput di China pada 2009. Pada 2015, Sun kembali ke Inggris untuk menjadi duta klub untuk Man City dan bahkan dilantik ke dalam Hall of Fame Sepakbola Inggris karena peran besarnya dalam memperkenalkan Liga Inggris kepada publik China.

3. Shinji Okazaki

Di urutan ketiga, ada nama Shinji Okazaki. Ia berhasil menorehkan karier cemerlang di Liga Inggris. Okazaki menjadi pencetak gol terbanyak di Timnas Jepang dengan total 50 gol. Berkat kegemilangannya yang tak hanya ditunjukkan kepada Timnas Jepang tetapi juga Mainz, ia pun dilirik Leicester City dan bergabung pada musim panas 2015.

Shinji Okazaki

Di Leicester, Okazaki tampil di 36 pertandingan Liga Inggris dalam waktu satu musim. Selama itu, kontribusi besar mampu diberikannya kepada tim, termasuk lima gol yang disumbangkan untuk Leicester.

Okazaki pun memenangkan penghargaan Pemain Internasional Asia pada tahun perdananya mentas di Leicester. Sayangnya, ia gagal mempertahankan tren positifnya tersebut dan kini sudah tak lagi berlaga di Liga Inggris.

2. Park Ji-sung

Membicarakan pemain terbaik Asia di Liga Inggris, nama Park Ji-sung tentu saja tak boleh dilewatkan. Ia bahkan menjadi pemain asal Asia yang paling sukses dalam sejarah Liga Inggris dalam hal trofi.

Park Ji Sung

Park Ji-sung menghabiskan total tujuh musim di Manchester United. Ia turut merasakan kejayaan Man United di bawah Sir Alex Ferguson. Pemain asal Korea Selatan itu tercatat tampil di 134 laga untuk Setan Merah –julukan Man United– dengan mencetak 19 gol. Selama bernaung di Man United, ia bisa memenangkan 13 trofi luar biasa.

Nama Park begitu tersohor di dunia sepakbola lantaran ia menunjukkan etos kerja yang luar biasa dan stamina apik di lapangan selama memperkuat Man United. Park mampu ditempatkan di hampir semua area di lini tengah.

1. Son Heung-min

Terakhir, ada nama Son Heung-min. Berbeda dengan Park Ji-sung yang aksi gemilangnya di dunia sepakbola sudah tak lagi bisa disaksikan, Son saat ini masih mentas di Liga Inggris bersama Tottenham Hotspur.

Son mungkin tidak memenangkan trofi sebanyak Park Ji-sung. Tetapi, sulit untuk menyangkal Son Heung-min sebagai pemain terbaik Asia dalam sejarah Liga Inggris. Penyerang Tottenham itu berhasil mencetak sejumlah gol penting untuk tim hingga sosoknya kerap disandingkan dengan rekan setimnya, Harry Kane.

Son Heung-min

Son yang bergabung ke Tottenham dari Bayer Leverkusen pada musim panas 2015 mendapat bayaran 22 juta poundsterling. Pendapatan ini menjadikannya pemain termahal Asia dalam sejarah sepakbola. Dengan bayaran yang mahal, Son mampu membuktikan bahwa dirinya layak menerima hal tersebut.

Ia mampu mencetak gol-gol spektakuler. Namanya pun kini tengah menjadi pencetak gol terbanyak Asia dalam sejarah Liga Inggris. Son juga berhasil dua kali menyabet penghargaan Premier League Player of the Month.

agen poker teraman
agen bola bape88

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here