Komunitas Mulai Dari Kita: Memungut Sampah, Menjaga GBK

0
9
turnamen baccarat
judikartu


Jakarta – Di tengah pemberitaan negatif suporter Indonesia di GBK dalam laga dengan Malaysia, segelintir orang dapat apresiasi positif karena aksi bersih-bersihnya. Mereka adalah Komunitas Mulai Dari Kita.

Aksi segelintir penonton Indonesia vs Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (5/9/2019) malam WIB, mendadak viral. Di tengah atmosfer fans cukup panas pertandingan itu, segerombol anak muda ini kedapatan mengumpulkan sampah yang tercecer di tribun penonton.

Tindakan memungut sampah-sampah itu pun mendapatkan berbagai respon positif di dunia maya. Federasi sepakbola Indonesia, PSSI, bahkan ikut mengunggah foto-foto aksi bersih-bersih tribun itu melalui akun resmi Instagramnya.

Diketahui, anak-anak muda itu tergabung ke dalam sebuah komunitas bernama Mulai Dari Kita. Membersihkan sampah di stadion saat pertandingan memang menjadi salah satu agenda kegiatan organisasi tersebut.

Foto: ist (Mulai Dari Kita)

“Mulai Dari Kita ini adalah organisasi non-profit yang melakukan kerja-kerja sosial, sehingga hasilnya bisa bermanfaat dan menginspirasi masyarakat,” kata Chandra Mustadiansyah, salah satu anggota komunitas Mulai Dari Kita saat ditemui oleh detikSport, Kamis (26/9/2019).

Berdasarkan penuturan Chandra, komunitas Mulai Dari Kita ini didirikan oleh seorang ibu rumah tangga bernama Ditha Anestya. Ia mendapatkan ide untuk membentuk organisasi sosial ini, usai menyaksikan aksi suporter Jepang yang aktif membersihkan sampah di stadion saat pesta olahraga Asian Games 2018 di Jakarta.

“Nah Mba Ditha ini melihat suporter Jepang kok mau memungut sampah dan membersihkan tribun setelah pertandingan, sampai membawa-bawa trash bag sendiri. Dari situ inspirasi untuk membuat komunitas Mulai Dari Kita muncul, yakni untuk berbuat kebaikan ya dimulai dari kita dulu sebelum ke yang lain,” terang Chandra.

Setelah mengajak beberapa teman-temannya, akhirnya komunitas Mulai Dari Kita berdiri di awal tahun 2019. Sasaran kegiatan mereka saat itu adalah event-event besar, salah satunya adalah pertandingan sepakbola di stadion.

“Karena aksi kami di stadion, PSSI sampai mengapresiasi tindakan kami dan berterima kasih. Sekarang PSSI turut membantu kami menyumbangkan trash bag apabila nanti ada pertandingan sepakbola lagi di Senayan,” kata pria yang juga berprofesi sebagai penyiar radio itu.

Komunitas Mulai Dari Kita: Menjaga Kebersihan, Menjaga GBKFoto: ist (Mulai Dari Kita)

Tidak hanya membersihkan sampah, komunitas Mulai Dari Kita juga melakukan aksi-aksi lain seperti berolahraga bersama anak-anak autisme, hingga membantu penanganan korban bencana kabut asap di Palangkaraya.

Saat awal berdiri, komunitas ini hanya berisikan 8-9 anggota relawan. Namun seusai viralnya aksi mereka di laga Indonesia vs Malaysia, permintaan untuk bergabung ke Mulai Dari Kita semakin banyak.

“Bagi temen-temen yang ingin bergabung, bisa menghubungi kami via website www.mulaidarikita.com atau melalui akun instagram @mulaidarikita_idn. Selain itu bisa juga langsung datang ke markas kami di Rasuna Said Office Park, Jakarta,” ujar Chandra.

Simak Video “Kalahkan Pasangan Jepang, Fajar/Rian Juara Korea Open
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)

agen poker teraman
agen bola bape88

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here